Teknologi modern yang ternyata sudah ada di zaman kuno

    Home / Teknologi / Teknologi modern yang ternyata sudah ada di zaman kuno

Teknologi modern yang ternyata sudah ada di zaman kuno

0

1

Beberapa orang lupa atau malas menccari tahu, kalau banyak tehnologi moderen yang baru populer pada saat saat ini, sesungguhnya telah ada mulai sejak beberapa puluh th. sampai beberapa ribu th. waktu lalu.

Pada saat saat ini, kita ada dalam jaman moderen di mana tehnologi begitu inovatif dalam beragam segi kehidupan. Demikian banyak info serta kabar berita mengenai tehnologi yang makin maju pada saat saat ini itu, mambuat banyak di antara kita tidak tahu kalau tehnologi itu telah ada mulai sejak lama.

Tetapi seperti kebanyakan orang tahu, kalau penemu awal satu tehnologi tentunya begitu simpel, serta masihlah terdapat banyak ketidaksempurnaan, namun tetap harus mereka yaitu sebagai penemu, bukanlah peniru atau penyempurna dari tehnologi itu seperti beberapa saintis serta ilmuwan pada saat saat ini.

Tersebut kami hidangkan tehnologi moderen yang sesungguhnya telah ada mulai sejak beberapa puluh th. sampai beberapa ribu th. waktu lalu.

Penyembur Api (Flamethrower)

Dengan cara resmi, alat seperti senapan penyembur api yang pada saat saat ini bernama ‘Flamethrower‘ sudah diketemukan oleh Richard Fielder pada th. 1901. Di ketahui terlebih dulu, kalau Flamethrower dipakai kali pertama pada Perang Dunia-I.

Alat penyembur api ini bisa dipakai sebagai senjata serta menggunakan bahan gampang terbakar yang datang dari petroleum atau minyak bumi. Pada saat Perang Dunia-II, penggunaan petroleum jadi meluas sebagai bahan pembakar untuk “bom api” yang pada saat Perang Dunia-II digunakan untuk Perang Vietnam yang juga dikenal sebagaiNapalm Bomb.

Tetapi, 1, 300 th. terlebih dulu, nyatanya kerajaan Byzantine atau Bizantium telah memakai senjata pembakar unik saat itu, dan begitu mematikan. Senjata itu pada saat saat ini sama seperti ‘Flamethrower’.

Namun pasda saat itu, tentara kerajaan Bizantium umumnya menggunakan senjata pemyembur api ini untuk maksud membakar kapal musuh. Demikian panasnya serta mematikan, senjata ini mempunyai julukan sebagai senjata yang bisa ‘membakar air’, yang dikenali pada saat saat ini sebagai Greek Fire.

 

Bedah plastik

Pembedahan plastik moderen, kali pertama diperaktekkan oleh Sir. Harold Gillies pada th. 1917 silam. Saat itu, Harold Gillies memakai pembedahan plastik untuk mengobati muka Walter Yeo. Pasiennya itu yaitu seseorang yang cedera akibat terserang luka bakar saat berlangsung Perang Dunia-I.

Tetapi, bila dijejaki jauh terlebih dulu, pembedahan plastik berawal dipakai mulai sejak 3, 000 th. sebelumnya Masehi, mereka yaitu beberapa orang Mesir purba.

Peradaban Mesir kuno pada saat itu memberlakukan pemotongan hidung untuk seseorang pencuri. Jadi beberapa dari beberapa ahlinya pada jaman itu, nyatanya sudah memakai teknologibedah plastik untuk melakukan perbaikan kembali hidung mereka yang dipotong akibat mengambil.

Mesin layan diri (Vending machine)

Mesin mekanik sebagai penjual product lewat cara layan diri dengan cara automatis dengan memasukkan koin serta lalu bisa keluarkan apa yang di jual, kali pertama dikenalkan pada era ke 19.

Mesin pertama itu dipakai agar bisa keluarkan kartu pos (post card) serta buku dengan cara automatis lewat cara, bila dimasukkan koin serta menghimpit tombol jadi kartu pos bakal keluar.

Tetapi tehnologi mesin layan diri dengan system kerja serupa seperti ini pernah dipakai mulai sejak 2, 000 th. lantas, di mana saat itu seseorang pakar fisika dari Yunani bikin satu mesin yang bisa terima koin agar bisa keluarkan ‘holy water’ didalam satu Gereja.

Alat ini di buat lantaran air ‘holy water’ cepat habis akibat di ambil seenaknya. Terkecuali tempat asal air itu jauh, mereka juga menginginkan supaya beberapa orang jadi lebih disiplin serta menghargainya.

Oleh karenanya, lalu tiap-tiap orang mesti membayar dengan koin bila inginkan air itu. Terkecuali jadi teratur serta tidak cepat habis, juga adil lantaran mereka yang sudah membayar bakal memperoleh air yang jumlahnya sama serta tak kian lebih ukuran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *