Resep Gudeg Jogja

    Home / Food / Resep Gudeg Jogja

Resep Gudeg Jogja

0

Gudeg Jogja

Daerah istimewa yang umum dimaksud Jogja ini memiliki beberapa makanan enak, murah serta bergizi. Atmosfer seni yang ‘nyentrik’ serta kekayaan kulinernya senantiasa buat hati siapapun kepincut. Bukan sekedar wisatawan lokal, turis mancanegara juga tidak pernah jemu bertandang ke kota berjuluk ‘Never ending asia’ ini.
Satu diantara makanan khas nya ialah Gudeg. Gudeg (bhs Jawa gudheg) yaitu makanan khas Yogyakarta serta Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan serta dibumbui dengan kluwek. Warna coklat umumnya dibuat oleh daun jati yang dimasak berbarengan. Gudeg dikonsumsi dengan nasi serta dihidangkan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu serta sambal goreng krecek.

Ada beragam varian gudeg, diantaranya :
1. Gudeg Kering, yakni gudeg yang dihidangkan dengan areh kental, tambah lebih kental dari pada santan pada masakan padang.
2. Gudeg Basah, yakni gudeg yang dihidangkan dengan areh encer.
3. Gudeg Solo, yakni gudeg yang arehnya berwarna putih

Satu diantara warung gudeg yang populer bakal kelezatannya yaitu warung Gudeg Wijilan. Gudeg Wijilan memanglah bercita rasa khas, tidak sama dengan gudeg biasanya. Gudegnya kering dengan rasa manis. Langkah memasaknya juga tidak sama, buah nangka muda (gori) di rebus diatas tungku sekitaran 100 derajat celcius sepanjang 24 jam untuk menguapkan kuahnya.

Sebagai lauk pelengkap, daging ayam kampung serta telur bebek dipindang yang lalu di rebus. Sedang rasa pedas adalah gabungan sayur tempe serta sambal krecek. Ketahanan gudeg Wijilan ini memanglah pas sebagai oleh-oleh, lantaran adalah gudeg kering, jadi tak gampang basi serta dapat bertahan sampai 3 hari. Tidak heran bila gudeg dari Wijilan ini telah “terbang” ke beragam pelosok tanah air, bahkan juga dunia.

Harga nya juga variasi, dari mulai Rp 10. 000, – hingga Rp 100. 000, -, bergantung lauk yang diambil serta type kemasannya. Bahkan juga ada yang tawarkan paket irit Rp 5. 000, dengan lauk tahu, tempe, serta telur.

resep-gudeg-jogja

Resep Umum

Bahan :
Nangka muda 500 gr
Ayam bertulang 500 gr
Daun salam seperlunya
Santan, seperlunya hingga gudeg di kuali/panci terendam.
Telor rebus, kupas 4 buah

Bumbu halus :
18 butir bw merah
6 siung bw putih
3 sdt tumbar bubuk
2 sdm lengkuas cincang
200 gr gula jawa
garam serta gula pasir
40 gr asam jawa

Langkah Masak :
– Masukan semuanya bahan di kuali/panci terkecuali telur.
– Masak hingga mendidih.
– Aduk-aduk hingga rata.
– Kecilkan api, masak selalu tidak bisa diaduk hingga kuah habis trus warnanya coklat tua gelap.
– Oh ya sebelumnya kuah nyaris habis masukan telor rebus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *