Referensi Harga Pompa ASI Manual dan Elektrik, Pilih yang Mana?

    Home / Kesehatan / Referensi Harga Pompa ASI Manual dan Elektrik, Pilih yang Mana?

Referensi Harga Pompa ASI Manual dan Elektrik, Pilih yang Mana?

0

Berapakah harga pompa ASI? Ibu menyusui yang bekerja tentu sangat membutuhkan pompa ASI untuk memudahkan memerah ASI. Ada beragam pompa ASI yang tersedia di pasaran mulai dari pompa manual hingga pompa elektrik dengan kemampuan yang canggih. Pompa ASI ini membuat para ibu menyusui semakin praktis dan cepat dalam memerah ASI jika dibandingkan dengan penggunaan tangan. Lalu, berapa harga pompa ASI?

Lihat artikel tentang usaha sampingan, di sini: Ini Dia 50 Usaha Sampingan di Rumah yang Nyaris Tanpa Modal

Referensi Harga Pompa ASI Manual dan Elektrik, Pilih yang Mana?

Harga pompa ASI di pasaran memiliki harga yang bervariasi bergantung merek dan juga kemampuannya. Berikut ini adalah referensinya.

  1. Pompa ASI Manual

Pompa ASI dengan sistem manual ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pompa ASI elektrik. Harga yang lebih murah ini tak lain dikarenakan pompa manual tidak dilengkapi dengan motor sehingga cukup sederhana. Pompa ini dijalankan dengan menggunakan tangan sehingga para ibu menyusui membutuhkan tenaga untuk memerah ASI.

Cara Penggunaannya

Penggunaan pompa manual ini disarankan sebelum menggunakan pompa ASI elektrik. Sebab di masa-masa awal menyusui, jalan keluar ASI yang terdapat di payudara belum terbuka dengan sempurna sehingga penggunaan pompa ASI elektrik akan membuat ASI tidak keluar secara maksimal.

Penggunaan pompa ASI manual akan membantu membuka jalan ASI sehingga ketika pompa ASI elektrik digunakan, maka ASI pun akan menjadi lebih lancar.

Harga

Salah satu merek pompa ASI dari jenis pompa ASI manual adalah merek Avent dari Philips. Harga pompa ASI manual ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp550.000.

Pompa ASI manual ini memiliki tuas yang ringan sehingga tidak membuat para ibu cepat lelah ketika memompa ASI. Pompa ASI manual ini juga mudah dibersihkan berbagai sudutnya sehingga kualitas ASI tetap terjaga.

Merek pompa ASI manual lainnya adalah Pigeon premium. Di pasaran, harga pompa ASI manual ini sekitar Rp330.000. Pompa ASI manual ini dilengkapi dengan silicon cushion untuk mencegah risiko puting payudara ibu mengalami lecet akibat proses pemompaan ASI. Pompa ASI manual ini mudah diperoleh di berbagai apotik dan juga supermarket besar.

  1. Pompa ASI Elektrik

Pompa ASI elektrik memang lebih praktis dibandingkan dengan pompa manual. Pompa elektrik dijalankan dengan motor sehingga para ibu menyusui tak perlu mengeluarkan tenaga untuk memompa ASI.

Pompa ASI elektrik ini menggunakan daya dari listrik ataupun dengan menggunakan baterai. Karena dijalankan dengan menggunakan motor, maka pompa ASI elektrik ini akan mengeluarkan suara saat sedang digunakan. Pompa ASI elektrik tersedia pula dalam bentuk ganda yang bisa memompa ASI dari kedua payudara sekaligus.

Merek dan Harga

Merek pompa ASI elektrik yang bisa ditemukan di pasaran antara lain merek Pigeon Silent elektrik yang memiliki keunggulan suara yang lebih halus ketika digunakan. Pompa ASI elektrik ini juga dilengkapi dengan pengaturan kecepatan penyedotan sehingga para ibu menyusui bisa menyesuaikan dengan kenyamanan yang diinginkan.

Pompa ASI elektrik ini sudah menggunakan sistem tertutup sehingga ASI tidak masuk ke dalam motor yang bisa menyebabkan kerusakan pada motor. Pompa ASI elektrik ini bisa dijalankan dengan listrik dan juga bisa dengan menggunakan baterai AA sebanyak 6 buah. Di beberapa situs online, pompa ASI elektrik ini dipasarkan dengan harga Rp1.380.000.

Nah, itulah sedikit gambaran mengenai harga pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik. Sebaiknya harga tidak menjadi satu-satunya pertimbangan untuk memilih pompa ASI. Para ibu menyusui perlu mempertimbangkan pula kenyamanan dalam penggunaannya. Sebab kenyamanan akan membantu ASI keluar secara lebih optimal dan ibu pun tidak merasakan nyeri akibat penggunaan pompa ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *