PTS harus bersinergi dengan pemerintah untuk wujudkan pembangunan

    Home / News / PTS harus bersinergi dengan pemerintah untuk wujudkan pembangunan

PTS harus bersinergi dengan pemerintah untuk wujudkan pembangunan

0

PTS harus bersinergi dengan pemerintah untuk wujudkan pembangunanPerguruan Tinggi di Yogyakarta mesti bersinergi dengan pemerintah untuk berbarengan bangun Yogyakarta, sekian disibakkan oleh Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti saat jadi narasumber dalam acara Rapat Koordinasi Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan Kopertis Lokasi V DIY, Senin (25/7) pagi di Universitas STPMD “APMD”, Yogyakarta.

Selanjutnya, menurut Walikota, program pembangunan di Kota Yogyakarta tergantung pada hubungan kerja empat unsur, yaitu Akademisi, Dunia Usaha, Komune atau orang-orang, serta Pemerintah. Ke empat unsur itu mesti senantiasa bersinergi untuk wujudkan kesuksesan pembangunan. “Partisipasi dari dunia akademisi yang diwakili oleh Perguruan Tinggi memiliki arti yang strategis dalam memberi beragam bahan pertimbangan dalam membuat bahan kebijakan pembangunan di Kota Yogyakarta, diluar itu input dari Perguruan Tinggi juga diperlukan pemerintah dalam penuhi keperluan bakal tehnologi pas manfaat yang digunakan untuk bangun Kota Yogyakarta. Karenanya butuh komunikasi yang berkepanjangan pada dunia pendidikan dengan pemerintah” Terang Walikota yang pada saat ini didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Edy Muhammad.

Disamping itu, seirama dengan walikota, koordinator Kopertis DIY, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA juga menyebutkan komitmennya selalu untuk tingkatkan hubungan kerja pada PTS dengan Pemerintah. Disebutkan oleh Bambang, untuk wujudkan hubungan kerja yang baik itu, walikota sebagai pemimpin daerah mesti senantiasa mengkomunikasikan program-program pembangunannya pada pihak PTS “PTS di lokasi Yogyakarta jangan sampai lupa untuk ikut bangun daerahnya sendiri. Beragam program-program pembangunan yang di sampaikan oleh walikota bakal jadi info untuk PTS untuk lalu digerakkan berbarengan sebagai bentuk hubungan kerja riil pada Pemerintah Kota Yogyakarta dengan PTS” Kata Bambang.

Di Kota Yogyakarta sendiri, sinergitas pada PTS dengan pemerintah telah jalan dengan baik. Bentuk sinergitas itu antra lain adala hubungan kerja antra Pemerintah Kota Yogyakarta dengan beragam PTS berkaitan dengan peletakan mahasiswa KKN di lokasi Kota Yogyakarta yang sudah dengan diawali MoU pada Rektor PTS berkaitan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta yang dikawal oleh Sisi P3ADK Setda Kota Yogyakarta dengan pengawasan dari KPMP Kota Yogyakarta. Karenanya Walikota mengharapkan ada sinkronisasi penjadwalan KKN supaya nanti program KKN itu dapat memberdayakan orang-orang “Dalam menjadwalkan KKN, PTS mesti bersinergi dengan kecamatan, kelurahan, serta LPMK supaya proses KKN bukan sekedar jadi normalitas saja, tetapi dapat betul-betul melakukan pemberdayaan orang-orang” Pinta Walikota.

Diluar itu, sekarang ini, Pemerintah Kota Yogyakarta juga sediakan dana riset, baik untuk PTN ataupun PTS dengan jumlah lebih kurang Rp. 150. 000. 000. 000 per th. dengan mekanisme seleksi proposal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *