Penyebab kaki kram di malam hari dan cara mengatasinya

    Home / Kesehatan / Penyebab kaki kram di malam hari dan cara mengatasinya

Penyebab kaki kram di malam hari dan cara mengatasinya

0

16Kram dapat berlangsung setiap saat, termasuk juga saat Anda tengah tertidur nyenyak. Nyatanya, keadaan kram nokturnal seperti ini dihadapi oleh nyaris 60 % orang dewasa dimana saat kram menyerang, sisi badan yang alami kram bakal merasa sakit, mengetat, serta nyeri.

 

Seperti disibakkan Scott Garrison, MD, PhD dari Departemen Kedokteran Berolahraga di University of Alberta, kram nokturnal pada malam hari berlangsung saat saraf yang membawa tanda dari otak ke otot-otot ‘menembakkan’ sangat banyak pesan. Mengakibatkan, otot bakal berkontraksi lewat cara yang bikin Anda tak nyaman.

 

” Duduk atau berbaring kurun waktu yang lama, termasuk juga saat Anda tengah tidur dapat menyebabkan masalah saraf seperti itu. Oleh karena itu, kerapkali Anda alami kram pada malam hari, ” kata Garrison seperti diambil dari Preventionpada Jumat (25/9/2015).

 

Anehnya, studi paling baru yang dikerjakan Garrison serta tim temukan kalau kram nokturnal pada malam hari kerap berlangsung saat musim panas. Ia beranggapan bila pemicunya lantaran di musim panas seorang memperoleh semakin banyak paparan cahaya matahari. Sebab, peristiwa kram menurut Garrison juga di pengaruhi nutrisi yang mengatur perkembangan serta perbaikan serat otot.

 

 

Tetapi, perkembangan serta perbaikan serat otot yang terlalu berlebih dapat juga kirim mekanisme tertntu ke otot sisi belakang badan yang mengakibatkan kram. Pada umur 50 th. ke atas, kram lebih umum berlangsung. Penyebabnya, di umur seperti itu seorang mulai kehilangan beberapa sel saraf yang kirim pesan dari otak ke otot. Mengakibatkan, sel yang tersisa mesti bekerja lebih keras lagi.

 

” Biasanya kram pada malam hari tak beresiko terlebih bila Anda ketahui pemicunya. Bila berlangsung terus-menerus, mungkin saja ada tidak seimbangan elektrolit atau masalah neuromuskuler seperti amyotrophic lateral sclerosis (ALS), namun untuk memastikannya Anda butuh teliti ke dokter lebih dahulu, ” tutur Garrison.

 

Peregangan pada betis, paha belakang, serta paha depan sebelumnya tidur dapat jadi satu diantara langkah untuk meminimalkan kram pada malam hari. Bahkan juga, satu studi th. 2012 di Belanda temukan kalau pada lanjut usia mereka alami kram pada malam hari yang lebih sedikit sesudah teratur lakukan peregangan minimum 3 menit sebelumnya tidur.

 

” Saat kram menyerang di dalam malam, untuk kurangi rasa sakit cobalah kerjakan juga peregangan. Dapat pula Anda coba turun dari tempat tidur serta jalan sepanjang satu menit, atau memakai obat gososk hangat untuk merelaksasi otot yang kram, ” kata Garrison berikan anjuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *