Menyingkap Penyebab Knalpot Bocor

    Home / Otomotif / Menyingkap Penyebab Knalpot Bocor

Menyingkap Penyebab Knalpot Bocor

0

Screenshot_14

Knalpot yaitu saluran pembuangan paling akhir yang ada pada semuanya kendaraan. Dalam keadaan normal, gas cuma bakal terbuang dari ujung knalpot. Tetapi dalam keadaan spesifik, gas dapat pula keluar dari sisi lain.

Ini mengisyaratkan knalpot yang bocor. Ciri yang lain, Terdengar nada dibawah dek yang lebih bising dari umumnya. Nada ini bakal makin kronis bersamaan dengan meningkatnya putaran mesin. Tenaga mesin juga lama kelamaan menyusut dengan kata lain ” ngempos “.

Menurut Supri, yang memiliki bengkel spesialis knalpot AG Motor yang terdapat di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, terdapat banyak aspek penyebabnya knalpot bocor. Satu diantara yang paling terang yaitu alamiah, dalam arti lantaran memanglah umur gunakan.

” Knalpot itu lama kelamaan bakal rusak juga, terkecuali mobil-mobil Eropa dahulu kala. Mobil Eropa dahulu susunan knalpotnya dapat dua hingga tiga. Bila saat ini banyak yang hanya satu lapis, ” katanya pada Liputan6. com.

Lalu, menurut dia kebocoran knalpot tak bermula dari sisi luar, tetapi dari dalam akibat korosi. Sistem kondensasi berlangsung lantaran ketidaksamaan temperatur.

” Ada endapan air di lambung knalpot. Lalu Idle sangat lama atau mobil didiamkan hingga air tak keluar. Lama-lama air itu mengakibatkan korosi. Air sendiri dapat masuk waktu dicuci atau saat mobil menerabas hujan, ” tutur pria asal Kediri ini.

Korosi dapat juga karena sebab knalpot tertempel air berkandungan garam yang relatif tinggi. Supri merekomendasikan, supaya hal semacam ini tak berlangsung, jadi knalpot mesti di pastikan dalam keadaan bersih memakai air tawar.

” Namun dasarnya seringkali pemicunya itu dari dalam knalpot sendiri. Dari luar dapat, umpamanya terkena batu, atau terkena polisi tidur, namun itu tidak sering, ” tutup Supri.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *