Mendikbud Ingatkan Semua Orang Tanggap Kebutuhan Abad 21

    Home / News / Mendikbud Ingatkan Semua Orang Tanggap Kebutuhan Abad 21

Mendikbud Ingatkan Semua Orang Tanggap Kebutuhan Abad 21

0

Screenshot_31

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) memohon semuanya pihak tanggap dalam hadapi perubahan jaman di era ke-21, terutama orangtua serta guru. Persiapan itu terkait dengan keperluan mendasar anak-anak didik di Indonesia.

” Kemendikbud mengantisipai pergantian jaman itu, kita mesti siap. Janganlah berharap anak kita siap bila kita tidak siap, ” kata Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan waktu didapati di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (26/4).

Ia mengingatkan, anak-anak di Indonesia tumbuh dengan beberapa komponen, yaitu karakter, literasi basic, serta kompetensi era 21. Hingga, orangtua serta beberapa pihak mesti mensupport, membekali, serta memersiapkannya dengan baik. ” Karakter, literasi basic, serta kompetensi era 21, itu utama, ” katanya.

Anies menguraikan, karakter dibagi dua, yaitu moral serta kemampuan. Beberapa hal yang terkait dengan moral yaitu kejujuran, rendah hati, tolong-menolong, dsb. Sesaat, yang terkait dengan kemampuan yaitu tangguh, ulet, usaha keras, dsb.

Dalam memberi pendidikan karakter, ia menjelaskan, mesti dipahami terlebih dulu arti dari karakter. Menurutnya, karakter yaitu arti yang lebih simpel dimaksud dengan rutinitas.

” Bila bicara dengan anak-anak, pakai arti itu sebagai rutinitas. Sebab, yang bakal di ajarkan yaitu rutinitas. Kita sampaikan karakter bukanlah untuk pengetahuan, namun masalah rutinitas, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *