Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

    Home / Kesehatan / Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

0

Locationvoiturecasablanca.net – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan jenis penyakit yang tidak terdeteksi jika Anda tidak melakukan pengukuran tekanan darah ke dokter. Tekanan darah manusia normal adalah 120/80. Jika melebihi itu, sudah dikatakan sebagai hipertensi. Namun, tergantung dari berapa kenaikannya, jika sedikit maka tidak akan sampai mengancam jiwa Anda. Tapi tak sepatutnya untuk didiamkan atau tidak melakukan pengobatan karena hipertensi bisa memicu banyak penyakit berbahaya, seperti stroke, penyakit arteri dan lain-lain. Lalu apa kira-kira makanan penurun tekanan darah tinggi?

Istilah hipertensi tahap satu apabila tekanan darah Anda mencapai 140/90 – 159/99. Sedangkan hipertensi tahap dua jika tekanan darah Anda mencapai 160/100 atau lebih tinggi.

Bagi Anda penderita darah tinggi, cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengontrol tingkat emosi Anda sehari-hari, perbanyaklah istirahat, serta pola makan yang teratur dengan asupan gizi yang cukup.

Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, seperti makanan yang mengandung sodium. Salah-salah makanan yang Anda konsumsi itu justru menaikkan tekanan darah Anda yang sudah tinggi.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Berikut daftar makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tak hanya berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi, sayuran hijau dengan segala kandungannya juga mampu menyehatkan tubuh serta membantu manusia memenuhi kebutuhan gizi.

Daun seledri diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Begitu juga bayam dan daun ketumbar yang merupakan sumber kalium yang ikut berperan dalam penurunan tekanan darah.

2. Susu Skim

Makanan penurun tekanan darah tinggi yang ke-2 adalah susu skim atau susu bebas lemak. Makanan ini merupakan sumber kalsium dan juga vitamin D. Kalsium dan vitamin D sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Sangat tidak baik jika Anda kekurangan zat-zat ini karena dapat memicu hipertensi.

3. Gandum

Gandum memang telah terbukti dapat menolong manusia memenuhi kebutuhan. Gandum merupakan salah satu sahabat penderita hipertensi. Mengkonsumsi roti gandum setiap pagi secara rutin akan mampu menurunkan darah tinggi.

4. Tomat

Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tomat kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, D, dan E. Nutrisi-nutrisi ini sangat berperan penting dalam turunnya tekanan darah.

5. Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang putih sanggup mencegah pembekuan darah dan penebalan sel darah merah. Selain itu bawang adalah obat yang bisa menahan efek buruk yang timbul akibat penyakit hipertensi. Selain itu, bawang juga berperan penting dalam mencegah penyumbatan pada jantung.

6. Buah-buahan

Zat gizi dan juga vitamin yang terdapat pada buah-buahan sudah sangat bisa membantu manusia, terutama bagi pederita hipertensi. Namun, tidak semua buah bisa sangat bermanfaat dalam penurunan tekanan darah tinggi. Perlu diwaspadai kandungan-kandungan yang ada dalam buah tersebut. Buah yang biasanya dikonsumsi oleh para penderita hipertensi adalah buah belimbing dan buah alpukat.

7. Menurunkan Tingkat Asin dan Pedas Makanan

Penderita hipertensi sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung sodium. Sodium biasanya ditemui dalam produk garam. Tentu saja, pendertia hipertensi harus benar-benar mengurangi konsumsi garam. Makanan pedas juga merupakan salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi.

Bagi Anda penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan kaleng dan juga makanan cepat saji karena bisa jadi makanan ini menjadi pemicu tekanan darah Anda menjadi lebih tinggi. Pilihlah makanan dengan kandungan sodium 5% atau kurang.

Hindari juga makanan yang berbau saus tomat atau saus sambal, hindari juga camilan kerupuk dan kacang yang tekah dibumbui. Jika Anda mempraktekkan hidup sehat ini serta mengatur pola makan dan istirahat dengan baik, penurunan tekanan darah bisa lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Tetap semangat walaupun penyakit ini menyerang Anda. Gunakan akal Anda untuk segera menemukan solusinya.

Kami berharap paparan kami mengenai makanan penurun tekanan darah tinggi diatas bisa membantu Anda dalam upaya menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *