Kementerian Pariwisata Targetkan DIY Sebagai Destinasi Wisata Halal

    Home / News / Kementerian Pariwisata Targetkan DIY Sebagai Destinasi Wisata Halal

Kementerian Pariwisata Targetkan DIY Sebagai Destinasi Wisata Halal

0

Screenshot_57

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilihat sebagai lokasi yang mungkin untuk pengembangan wisata halal. Product wisata alam mulai gunung sampai pantai, budaya, dan posisi DIY sebagai sebagai pusat kerajaan Mataram dengan bebrapa website budaya yang Islami, seperti lokasi Kotagede serta Kauman yang melahirkan organisasi Muhammadiyah adalah sebagian potensi yang dikira layak untuk diperkembang.

” Kami menginginkan menggagas DIY sebagai satu diantara destinasi wisata halal, ” tutur Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal Kementerian Pariwisata RI, M Tazbir, dalam diskusi bertopik Kesempatan serta Potensi Wisata Halal di DIY di Yogyakarta, Sabtu (20/5). Menurutnya, DIY sebagai destinasi wisata yang melindungi lestarinya budaya adiluhung pas untuk melahirkan paket-paket wisata Islami.

Dalam diskusi yang di gelar Ar-Rahmah Djogjakarta (Ardjo) itu, Tazbir menjelaskan sekarang ini Indonesia mesti berkompetisi dengan negara-negara lain yang juga telah mengaplikasikan wisata halal seperti Korea Selatan, Malaysia, serta Thailand. DIY sebagai satu diantara destinasi wisata terpenting di Indonesia, memanglah belum masuk lima besar pasar Muslim nusantara. Walau sekian, kata Tazbir, DIY mempunyai potensi yang begitu besar.

Tazbir mengingatkan, jangan pernah nanti beberapa stakeholder di DIY masih tetap mencurigai kata halal, bebrapa lokasi lain telah mulai berani mempromosikan wisata halal. Mengakibatkan, wisata halal di DIY jadi ketinggalan.

” Saya sangka sekarang ini telah tak jamannya lagi orang meributkan arti halal. Kita disini tidak lagi bicara halal sebagai alkohol serta non-alkohol. Halal sekarang ini yaitu usaha, ” papar Tazbir.

Bahkan juga sekarang ini Eropa, kata dia, telah banyak yang mengaplikasikan wisata halal. Sebagai contoh, sekarang ini telah banyak didapati negara-negara di Eropa restoran-restoran halal. ” Karna mereka sudah yakini kalau halal itu higienis, aman, serta ramah. Saya sangka bila nilai-nilai itu yang kita jual jadi wisata Halal ini juga bakal dapat di terima oleh beberapa orang non-Muslim meskipun, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *