Ini Alasannya Operasi Bariatrik Butuh Penanganan Berbagai Spesialis

    Home / Uncategorized / Ini Alasannya Operasi Bariatrik Butuh Penanganan Berbagai Spesialis

Ini Alasannya Operasi Bariatrik Butuh Penanganan Berbagai Spesialis

0

screenshot_51

Jakarta, Untuk mengoptimalkan operasi bariatrik manfaat menurunkan berat tubuh, perlu perlakuan dari beragam spesialis, baik sebelumnya maupun selesai operasi. Maksudnya supaya pasien memperoleh hasil optimal.

Nah, satu diantara yang butuh ikut serta dalam aktivitas ini yaitu spesialis bedah plastik. Peran dokter spesialis bedah plastik baru dikerjakan sesudah pasien usai melakukan prosedur bariatrik.

” Umpamanya pasien sudah kehilangan 1/2 bobot tubuh, jadi kulit jadi kendur. Disini peran operasi plastik unuk mengonstruksikan serta merevisinya kembali, ” terang dr Errawan Wiradisuria, SpB KBD, M Kes dari Tempat tinggal Sakit Mayapada Lebak Bulus dalamkonferensi pers ‘Bedah Bariatrik dengan 8 Multidisiplin Pengetahuan yang pertama di Indonesia’ di Tempat tinggal Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (20/08/2016)

Diluar itu, pakar gizi juga mempunyai peran dalam cara bariatrik. Tugasnya untuk melindungi pola makan yang diasup oleh pasien supaya berat tubuh jadi ideal.

” Oleh karena itu operasi ini adalah multidisplin. Umpamanya orang yang gemuk yang alami sleep apnea perlu pertolongan juga dari spesialis yang lain, hingga lama-lama bakal hilang sleep apnea-nya, ” terang dr Errawan.

Konsultasi ke psikiater juga manfaat butuh untuk meyakinkan apakah pasien memiliki komitmen untuk melakukan kontrol kesehatan dengan cara berkala sekurang-kurangnya sepanjang 3-5 th. pasca operasi. Saat kejiwaan pasien mantap, jadi operasi dapat dikerjakan.

Sesaat orang dengan psikologis tak stabil jadi tak disarankan melakukan prosedur ini. Persyaratan lain pasien yg tidak dianjurkan lakukan prosedur ini salah satunya yang mempunyai permasalahan berat lain seperti komplikasi pada paru atau jantung, lalu lumpuh.

Menurut dia sekarang ini, bedah bariatrik belum sangat popular. Jumlah pasien yang menjalaninya masihlah sedikit.

” Karenanya ada simposium bedah bariatrik dengan multidisiplin manajemen yang pertama di Indonesia ini diinginkan bisa memberi pengetahuan lebih mendalan pada medis profesional serta warna baru untuk industri kesehatan Indonesia, ” terang dr Senta Lucia Kumukur, Direktur Tempat tinggal Sakit Mayapada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *