Infrastruktur Transportasi Malaysia Terbaik di ASEAN, Indonesia?

    Home / Otomotif / Infrastruktur Transportasi Malaysia Terbaik di ASEAN, Indonesia?

Infrastruktur Transportasi Malaysia Terbaik di ASEAN, Indonesia?

0

Screenshot_14

Malaysia sukses jadi negara dengan infrastruktur transportasi umum paling baik di ASEAN. Sekian hasil penelitian dari FT Confidential Research, instansi yang ada dibawah harian internasional Financial Times.

Dalam laman resminya, ft. com, diambil Rabu (5/4/2017), dijelaskan kalau negara tetangga kita itu ” tempati peringkat paling tinggi pada semuanya ukuran kwalitas untuk infrastruktur transportasi. ”

Satu diantara ukuran yang diliat yaitu seberapa besar berbelanja negara untuk bidang transportasi. Dalam soal ini Malaysia tunjukkan keseriusannya dengan tingkatkan biaya transportasi sebesar 0, 7 % dari Product Domestik Bruto (PDB).

Najib Razak, Perdana Menteri Malaysia sekarang ini, sempat juga menyampaikan kalau infrastruktur transportasi yaitu prioritas paling utama mereka.

Satu diantara proyek yang tengah ditangani disana yaitu system perkeretaapian tanpa ada masinis Sungai Buloh – Kajang. Trayek ini bakal menghubungkan lokasi utara dengan barat, ibu kota Kuala Lumpur dengan Kajang, kota yang tengah tumbuh.

Yang menarik, orang Malaysia rata-rata menggunakan beberapa duit lebih sedikit daripada warga di negara lain yang notabene miliki system transportasi lebih buruk.

Terdaftar, warga Malaysia menggunakan rata-rata US$ 12 /hari (Rp 160 ribu) untuk transportasi. Sebagai pembanding, warga Thailand US$ 15 (Rp 200 ribu), dan Vietnam serta Filipina, US$ 20.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Negara kita tempati posisi ketiga dengan infrastruktur transportasi paling baik, dibawah Malaysia serta Thailand. Warga Indonesia menggunakan US$ 20 (Rp 266 ribu), tambah baik daripada Vietnam serta Filipina yang tempati posisi empat serta lima.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *