Dengan Rp 8.500, Motor Bebas Mogok saat Banjir

    Home / Otomotif / Dengan Rp 8.500, Motor Bebas Mogok saat Banjir

Dengan Rp 8.500, Motor Bebas Mogok saat Banjir

0

Screenshot_14

Jakarta hari ini, Selasa (21/2/2017), diguyur hujan deras mulai sejak malam. Banjir berlangsung di sebagian titik. Sepeda motor yang nekat menerjangnya punya potensi mogok, walau tentu tak semua alami hal sama.

Seperti di ketahui berbarengan, mogok bisa berlangsung sesudah motor menerjang genangan air/banjir lantaran waktu itu air bakal masuk ke busi. Terlebih bila motor yang dipakai miliki posisi busi yang rendah seperti motor matik serta bebek.

Busi sendiri, dalam sistem pembakaran di ruangan bakar, bertugas untuk memercikkan api. Api ini nanti bakal dipantik dengan hawa serta bahan bakar untuk membuahkan ledakan yang menggerakkan mesin keseluruhannya.

Oleh karena itu, waktu busi terserang air, susah untuk komponen ini hasilkan api. Mengakibatkan motor juga mati mendadak, serta susah lagi dinyalakan.

Bila mogok berlangsung, jadi satu jalan keluar pintas yang bisa dikerjakan yaitu dengan bikin busi kering kembali. Tak tahu lewat cara ditiup, atau dilap memakai kain kering.

Tetapi, jalan keluar ini sifatnya begitu periode pendek. Dalam arti, bila motor kembali terserang air, jadi mogok lagi juga mungkin berlangsung. Terlebih bila kabel serta kepala busi karetnya telah getas atau retak-retak. Lalu bagaimana?

Dalam soal ini, satu jalan keluar lain yang dapat dikerjakan yaitu dengan tutup sambungan pada kabel serta kepala busi dengan isolasi. Pasalnya, sambungan berikut yang sering jadi tempat air merembes. Langkah tersebut dapat bikin motor dapat lebih tahan lama.

” Gunakan isolasi spesial di sambungan pada kabel serta kepala busi. Kemudian kunci gunakan pengikat kabel. Langkah tersebut buat percikan air tak dapat masuk lagi, ” tutur Mahdin, yang memiliki Ibana Jaya Oil, pada Liputan6. com.

Harga isolasi listrik (electric tape) cukup murah. Di satu diantara website jual beli on-line, isolasi merk 3M 1500 warna hitam harga nya Rp 8. 500. Supaya lebih kuat, isolasi bisa ditambah dengan pengikat kabel (cable ties) yang harga nya Rp 4 ribu saja.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *