Cara Efektif Merawat Baju Distro dengan Mudah dan Praktis

    Home / Lifestyle / Cara Efektif Merawat Baju Distro dengan Mudah dan Praktis

Cara Efektif Merawat Baju Distro dengan Mudah dan Praktis

0

clothingdistrobagus

Sama seperti benda apa umumnya baju distro juga dapat mengalami kerusakan dalam waktu tertentu mulai dari meral sampai gambar sablon yang mengelupas, walaupun menjadi hal yang lumrah namuan kondisi ini menjadi sedikit menyebalkan ketika outfit tersebut merupakan benda kesayangan kamu. Sebenarnya jika dirawat dengan baik, masa pakai kaos dapat lebih lama dan awet dalam waktu yang panjang. Bukan hanya agar tetap terlihat keren saja, perwatan juga untuk membuat kaos tetap nyaman selama dipakai. Beberapa orang masih bingung mengenai cara merawat kaos distro dengan benar, padahal caranya sangat mudah kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah praktis berikut ini :

Panduan mencuci kaos distro

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan kaos berwarna dengan kaos putih, sebaagi antisipasi jika ada kaos yang luntur sehingga tidak mencemari kaos lainnya. Selain itu kamu juga perlu memisahkan kaos yang sangat kotor dengan kaos yang tidak terlalu kotor sehingga kotoran tersebut tidak berpindah pada pakaian lainnya.
  • Jangan terlalu lama merendam pakaian, usahakan tidak lebih dari 30 menit. Selain itu gunakanlah detergen secukupnya karena jika  terlalu banyak bisa merusak sablon.
  • Hindari penggunaan pemutih, pelembut dan pemawngi atau pastikan detergen yang digunakan tidak mengandung zat kimia tersebut. Cairan ini tidak hanya akan menyebabkan sablon menjadi luntur namun juga  membuat kain menjadi kasar dan semakin tipis.
  • Cuci kaos secara manual yaitu dengan menggunakan tangan, hindari penggunaan mesin cuci. Mesin cuci akan membuat kaos menjadi melar, pori-pori kain menjadi kasar dan merusak sablon.
  • Sebaiknya hindari menyikat permukaan kain ataupun bagian sablon karena tindakan ini akan merusak tekstur dari kain itu sendiri dan dapat membuat sablon mengelupas. Cukup kucek bagian kaos yang terdapat noda dengan halus jangan terlalu kuat.
  • Hal lainnya yang perlu dihindari adalah memeras kaos dengan terlalu kuat karena tidakan ini dapat merusak pori-porinya.

Cara menjemur yang benar  

Harga murah tentu menjadi pertimbangan sendiri saat membeli sebuah produk, jangan asal murah pastikan kamu membeli kaos di grosir kaos distro yang menawarkan produk yang berkualitas sehingga lebih awet. Selain lebih teliti saat membeli kamu juga perlu memperhatikan proses menjemurnya. Mingingat panas dapat merusak sablon, maka disarankan untuk membalik kaos sebelum dijemur sehingga sablon tidak langsung menghadap ke sinar matahari.

Selain itu hindari penggunaan hanger ketika masih dalam kondisi basah. Karakteristik baju distro  memungkinkannya untuk dapat menyerap air dengan baik dan mengandung cairan yang cukup banyak membuat kaos menjadi lebih berat. Penggunaan hanger akan membuat kaos tertarik ke bawah sehingga jika kondisi ini terus dibiarkan kaos akan melar tertutama pada bagian leher.

Cara menyetrika

Sebelum disetrika, pastikan terlebh dahulu kaos benar-benar kering agar tidak merusak karakteristik bahan kaos. Selain itu jangan langsung menyetrika bagian sablon, panas yang dihasilkan alat ini akan membuatnya menempel pada sablon sehingga membuat gambar mengelupas olehnya. Adapun yang bisa dilakukan adalah dengan mambalik kaos sehingga bagian sablon berada di bagian dalam atau dengan cara melapisi terlebih dahulu bagian sablon dengan kertas.

Bagaimana mudah bukan ? Intinya kamu perlu memperhatikan proses mencuci, menjemur sampai menyetrikanya dan akan lebih baik lagi jika semua dilakukan sendiri agar lebih maksimal. Demikianlah cara efektif merawat baju distro semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *