Beberapa Hal Penting Dalam Membuat Desain Kaos

    Home / Lifestyle / Beberapa Hal Penting Dalam Membuat Desain Kaos

Beberapa Hal Penting Dalam Membuat Desain Kaos

0

outlet-distro33

Dalam bisnis kaos yang lazim dipasarkan melalui distro atau outlet – outlet dan membidik target konsumen remaja serta mereka yang berjiwa muda; ada beberapa hal yang sangat penting guna meraih sukses. Salah satu hal terpenting yang wajib mendapat perhatian dengan porsi besar adalah desain. Desain yang menarik biasanya menarik perhatian calon konsumen dan menjadi alasan mereka kemudian membelinya. Membuat desain kaos menarik bukanlah perkara mudah. Kebanyakan desain menarik diawali dengan ide yang tidak kalah unik dan menarik dari hasil akhir desain sebuah kaos. Pemilihan ide hingga penciptaan desain kaos distro sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen yang dibidik dalam penjualannya nanti. Memilih tema – tema tertentu seperti musik, unsur grafis tertentu atau melibatkan ungkapan – ungkapan menarik dapat menjadi sebuah awal dari penciptaan desain kaos yang menarik dan laku di pasaran.

Ada beberapa bagian terpenting dalam pembuatan desain kaos yang baik; yaitu berupa perpaduan grafis dan teks menarik. Unsur grafis dapat menjadi bagian yang mendukung dari teks yang melekat; demikian pula sebaliknya. Perpaduan yang serasi antara keduanya dapat memberi efek sebuah desain semakin menarik dan semakin mudah menyampaikan ide yang menjadi dasar dari desain sebuah kaos. Unsur grafis dapat berasal dari berbagai sumber; mulai dari grafis ikonik yang lazim ditemui hingga karya grafis orisinil yang memang dibuat khusus untuk desain kaos berdasar ide tertentu. Kebanyakan orang memilih membeli kaos karena desain yang unik, menarik dan seringkali mampu menjadikan mereka juga menjadi unik, menarik serta membuat perhatian orang lain tertuju pada kaos dan pemakainya. Kecerdikan mengolah ide dan kemampuan mengeksekusinya menjadi desain sebuah kaos merupakan hal yang sangat penting.

Desain yang unik dan menarik merupakan modal terbesar dari kesuksesan menjual produk kaos. Di sisi lain; desain yang unik juga wajib memiliki beberapa pertimbangan seperti penggunaan warna serta tingkat kesulitan produksi dari kaos tersebut. Melakukan printing atau proses cetak digital akan mampu menghasilkan gambar yang sesuai desain awal; namun daya tahan hasil cetak digital tidaklah sebaik proses cetak saring atau sablon. Alasan inilah yang membuat proses sablon masih menjadi pilihan paling populer bagi para produsen kaos. Desain yang terlalu rumit akan menyulitkan proses produksi dan seringkali meningkatkan biaya produksi. Berkonsultasi dengan pelaku produksi ataupun pelaku bisnis grosir kaos distromengenai standar kesulitan produksi kaos sangat penting; terutama bagi pembuat desain atau pelaku bisnis yang buta akan proses produksi. Hal ini akan menghindarkan pelaku produksi mengalamaki kesulitan memproduksi kaos sesuai dengan keinginan pemesan atau desainer.

Pemilihan tema yang sesuai dengan target konsumen yang akan dibidik harus dipikirkan sejak pada tingkat ide. Memulai membuat desain dengan ide yang tidak sesuai dengan target konsumen yang dibidik hanya akan menuai kesulitan ketika akhirnya produk kaos tersebut tidak laku dijual atau tidak diminati konsumen. Kemampuan mengenali tren dan selera target konsumen menjadi hal penting dalam proses pemilihan tema, pembuatan desain hingga nantinya dalam proses promosi dan penjualan.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan terkait pencarian ide dan pembuatan desain ada pada aturan dan norma kesantunan yang dianut oleh masyarakat. Ada baiknya menghindari membuat desain yang mengandung unsur SARA ataupun melibatkan unsur grafis dan teks yang dianggap tidak sopan. Hal tersebut secara langsung akan berdampak pada citra dari brand serta pemilik bisnis. Memelihara citra dan reputasi yang baik merupakan hal penting dalam bisnis apapun agar mampu meraih sukses dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *