Apa Sebenarnya Arti Dari Kata Ergonomi

    Home / News / Apa Sebenarnya Arti Dari Kata Ergonomi

Apa Sebenarnya Arti Dari Kata Ergonomi

0

Apa Sebenarnya Arti Dari Kata Ergonomi – Apakah Anda pernah mendengar istilah “ergonomi” dan bertanya-tanya apa artinya tepatnya? Anda mungkin tidak ingin mengekspos ketidaktahuan Anda, begitu pula takut untuk bertanya. Ergonomi adalah penggunaan informasi dari sumber-sumber ilmiah untuk desain lingkungan, sistem dan benda-benda untuk penggunaan manusia Apakah untuk bekerja atau bermain. Definisi ini diadopsi pada tahun 2007 oleh Asosiasi ergonomi internasional atau IEA.

Salah satu penggunaan yang paling umum dari ergonomi, adalah bagi perusahaan untuk belajar desain area kerja, dan tugas-tugas yang akan memaksimalkan efisiensi serta kualitas pekerjaan karyawan mereka. Konsep ergonomik adalah tidak hanya untuk bisnis, menyangkut apa saja dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan orang-orang. Dirancang dengan baik kesehatan dan langkah-langkah keamanan, daerah yang melibatkan aktivitas olahraga dan rekreasi, serta sistem kerja mewujudkan prinsip-prinsip ergonomis.

Bidang ini adalah juga dikenal sebagai Bioteknologi. Tujuan utama dari ilmu ini adalah untuk mengurangi ketidaknyamanan dan kelelahan operator untuk membuat penggunaan terbaik dari efisiensi dan produktivitas. Nama lain yang dikenal ergonomi adalah rekayasa faktor manusia, dan rekayasa manusia.

Ergonomists belajar kemampuan manusia dalam hubungannya dengan tuntutan pekerjaan mereka. Informasi yang Ergonomists memasok sering sangat berkontribusi evaluasi dan desain produk, pekerjaan, lingkungan, sistem operasi dan tugas untuk membuat mereka lebih kompatibel dengan persyaratan, keterbatasan dan kemampuan orang.

Domain ergonomis tiga

Asosiasi Internasional ergonomi membagi ilmu ergonomi menjadi tiga domain yang terpisah. Yang pertama adalah ergonomi fisik. Ini berkaitan dengan tanggapan dari tubuh manusia fisiologis serta fisik stres.

Apa Sebenarnya Arti Dari Kata Ergonomi

Kedua domain ergonomi berkaitan dengan aspek kognitif. Hal ini juga dikenal sebagai teknik psikologi. Aspek ini kekhawatiran itu sendiri dengan proses mental seperti kontrol motorik, persepsi, kognisi dan perhatian. Itu juga studi penyimpanan memori dan perolehan kembali kenangan mereka dapat mempengaruhi interaksi dari unsur-unsur sistem tertentu dan manusia yang adalah menerapkannya. Topik penting yang dipelajari adalah pelatihan, beban kerja mental, komputer untuk interaksi manusia, kewaspadaan, kesalahan manusia, kinerja terampil dan pengambilan keputusan.

Domain ketiga ergonomi adalah aspek organisasi. Hal ini juga dikenal sebagai macroergonomics. Organisasi ergonomi berkaitan dengan mengoptimalkan sistem sociotechnical. Ini mencakup proses, kebijakan dan struktur organisasi mereka. Topik di bawah domain ini dapat meliputi etika, shift kerja, telework, penjadwalan, kerja sama tim, budaya keselamatan, kepuasan kerja, ketrampilan pengawasan dan teori motivasi.

Prinsip ergonomi bukanlah yang baru. Itu telah digunakan sejak abad kelima SM. Ergonomi istilah ini diambil dari dua kata Yunani; ergon kata Yunani, yang berarti pekerjaan, dan nomos kata, yang berarti hukum alam. Ilmu ini lebih kompleks daripada rata-rata orang menyadari dan datang ke dalam bermain dalam setiap orang kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang tidak menyadari meja atau kursi mereka bekerja di merupakan produk ilmu ergonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *