Apa Penyebabnya Air Kencing Merah

    Home / Kesehatan / Apa Penyebabnya Air Kencing Merah

Apa Penyebabnya Air Kencing Merah

0

Air kencing merah, mungkin akan mengerikan bagi orang yang mengalaminya. Karena memang warna merah pada urin bukan hal yang wajar yang biasa dialami tiap orang. Ada banyak kemungkinan yang dapat terjadi jika anda mengalami hal tersebut.

Namun anda tidak perlu panik, karena warna merah pada air kencing anda tidak selalu mengindikasikan bahwa anda terkena penyakit, bias saja perubahan warna tersebut terjadi berhubungan dengan makanan yang anda konsumsi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Air Kencing Merah

Eksreksi urin memang merupakan hal yang diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang telah disaring oleh ginjal. Selain itu proses keluarnya air kencing juga berguna untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Cara gabung jadi member jafra.

Namun memang akan mengagetkan jika tiba-tiba warna air kencing anda yang biasanya kuning kecokelatan berubah menjadi merah. Tapi sebelum khawatir anda perlu pahami penyebabnya dahulu, karena warna merah tersebut dapat disebabkan oleh warna makanan, obat-obatan dan beberapa gangguan kesehatan dalam tubuh.

Sebelum anda merasa khawatir anda dapat menelusuri beberapa hal dulu seperti makanan apa yang anda makan dalam waktu dekat, atau mungkin anda sedang mengkonsumsi obat. Adakah rasa nyeri saat anda buang air kecil.

Apa Penyebabnya Air Kencing Merah

Karena bila air kencing merah tetapi tidak timbul perasaan apa-apa, ada kemungkinan hal tersebut tidak membahayakan. Jika ternyata selain berwarna merah juga ada rasa nyeri saat buang air kecil ada kemungkinan anda mengalami hematuria yang terjadi karena penyakit, iritasi, bakteri, atau kanker.

Jika air kencing anda berwarna merah dan disertai nyeri buang air kecil dapat menjadi tanda dari hematuria atau adanya darah dalam urin. Namun bila warna merah itu tidak selalu timbul biasanya karena makanan atau obat yang dikonsumsi.

Contoh makanan yang dapat menimbulkan warna merah pada air kencing adalah buah naga, bit, blackberry dan rhubarb. Untuk obat-obatan misalnya seperti anisindione, cerubidine, obat pencahar, rifampisin dan masih banyak lagi. Tapi jika memang ternyata warna merah pada air kencing anda juga menimbulkan nyeri ada kemungkinan memang benar anda mengalami hematuria.

Hematuria atau kencing darah adalah saat dimana sel-sel darah merah (eritrosit) ada dalam urin. Hal tersebut dapat menandakan adanya infeksi atau dapat menjadi tanda adanya batu ginjal, tumor dalam saluran kemih yaitu, ginjal, ureter, kandung kemih, prostat, dan uretra. Jika air kencing merah yang anda alami merupakan gejala hematuria sangat diperlukan bagi anda untuk segera pergi kedokter untuk mendapat penangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *