Apa Itu Varises Kantung Zakar? Bagaimana Cara Mencegahnya?

    Home / Kesehatan / Apa Itu Varises Kantung Zakar? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Apa Itu Varises Kantung Zakar? Bagaimana Cara Mencegahnya?

0

Mungkin Anda sering mendengar dan melihat varises kaki, namun apa itu varises kantung zakar? Pada dasarnya, varises kantung zakar sama halnya dengan varises kaki yang ditandai dengan munculnya pembuluh darah berkelok-kelok. Bedanya, varises kantung zakar terjadi pada bagian alat reproduksi, yaitu kantung buah zakar atau testis.

Apa Itu Varises Kantung Zakar?

Varises kantung zakar lebih dikenal dengan istilah varikokel. Varikokel sendiri merupakan pelebaran pembuluh darah balik atau vena di sekitar buah zakar akibat adanya sumbatan. Varikokel sering disebut penyakit kejantanan pria karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Pada penderita varikokel, produksi sperma akan berkurang dan lemah dibanding orang normal.

Kenapa produksi sperma bisa berkurang? Adanya pelebaran pembuluh darah pada buah zakar tentu akan menimbulkan efek terganggunya fungsi testis yang merupakan penghasil sperma. Oleh sebab itu, sperma akan mengalami penurunan dalam hal kualitas maupun kuantitas. Tidak heran jika laki-laki penderita varikokel sulit mendapat keturunan.

Apa Itu Varises Kantung Zakar? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Untuk lebih mengenali apa itu varises kantung zakar, sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyebab penyakit ini.

  • Faktor genetik merupakan faktor penyebab utama penyakit varikokel.
  • Beberapa jenis makanan yang dipanaskan dengan susu tinggi bisa merusak pembuluh darah, contohnya makanan yang diolah dengan cara dibakar.
  • Suhu testis yang terlalu tinggi karena suhu testis ideal adalah 1 hingga 2 derajat di bawah suhu tubuh.
  • Adanya tekanan yang terlalu tinggi di area perut.

Apa Itu Varises Kantung Zakar? Bagaimana Pencegahannya?

Apa itu varises kantung zakar? Anda pasti sudah bisa menjawabnya sekarang. Namun, apakah varises kantung zakar ini bisa dihindari? Jawabannya, bisa. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat mencegah varises kantung zakar sebelum berimbas pada kesuburan Anda.

  • Jangan terlalu sering berendam di air panas karena bisa memicu tingginya suhu testis sehingga pembuluh darah akan melebar.
  • Perbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan, misalnya buah dan sayur.
  • Usahakan untuk menghindari paparan zat kimia, radiasi, dan listrik, karena bisa menaikkan suhu testis.
  • Hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.

Itulah beberapa cara yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya varises kantung zakar. Varises memang merupakan jenis penyakit yang umum terjadi dalam tubuh manusia dan lebih sering terjadi di betis.

Namun, masih ada bagian tubuh lain yang bisa mengalami varises seperti betis, yaitu buah zakar, anus, dan lambung. Lantas, apa itu varises kantung zakar? Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *