Ancaman Kanker di Balik Kopi yang Kelewat Panas,

    Home / Kesehatan / Ancaman Kanker di Balik Kopi yang Kelewat Panas,

Ancaman Kanker di Balik Kopi yang Kelewat Panas,

0

Jakarta, Satu panel punya pengaruh dibawah organisasi kesehatan dunia (WHO) menyimpulkan kalau kopi dapat menghindar sebagian type kanker. Tetapi kopi yang kelewat panas miliki resiko yang ‘mungkin’ menyebabkan kanker. Kopi yang kelewat panas, seperti juga minuman panas yang lain, digolongkan ‘probably carcinogenic’ serta dihubungkan dengan kanker esofagus dalam beberapa studi. Tetapi peluang itu cuma diketemukan pada kopi yang kelewat panas, yaitu lebih tinggi pelangsing kopi hijau atau sama juga dengan 65 derajat Celcius.

Minuman yang sangat panas dapat mencederai beberapa sel di esofagus serta menyebabkan pembentukan sel kanker, kata Mariana Stern dari University of Southern California, diambil dari USAtoday, Kamis (16/6/2016). Untuk kopi biasanya, untungnya tak ada peringatan apa pun. Malah, kopi dalam sajian yang lumrah dapat memberi beberapa faedah kesehatan. Menurut beberapa ilmuwan, kopi dapat kurangi resiko kanker hati sebesar 15 % seperti dimuat dalam jurnal Lancet Oncology. Baca juga : Kurang Tidur Kian lebih 3 Hari Tidak Dapat Ditolong Lagi dengan Kopi Pada th. 1991, International Agency for Research on Cancer pernah melabeli kopi sebagai ‘possibly carcinogenic’.

Pernyataan paling baru dari panel WHO ini sekalian mencabut status itu, dengan catatan tak dikonsumsi waktu masihlah kelewat panas. Menurut satu survey, 64 % orang dewasa di Amerika Serikat yaitu peminum kopi. Rata-rata mereka konsumsi kopi pada suhu 60 derajat Celcius atau lebih rendah. Baca juga : Minum Kopi serta Merokok Sembari Tunggulah Imsak? Hati-hati Mulut Dapat ‘Bau Naga’ (up/vit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *