5 Trik Bikin Smartphone Android Makin Kencang

    Home / Teknologi / 5 Trik Bikin Smartphone Android Makin Kencang

5 Trik Bikin Smartphone Android Makin Kencang

0

screenshot_13

Jakarta – Waktu Anda pertama kalinya memakai smartphone Android baru, performanya mungkin saja bakal merasa cepat dan mengesankan. Namun, sesudah sebagian bln. penggunaan, Anda bakal merasakan performanya jadi semakin lelet.

Dari pada mengambil keputusan untuk beli smartphone pengganti, mungkin saja Anda pantas memperhitungkan 5 trick di bawah ini, yang tim Tekno Liputan6. com himpun dari laman About, Jumat (9/10/2015), yang bakal kembalikan performa smartphone Android Anda seperti awal mulanya.

1. Bersihkan Home Screen

Adakah diantara Anda yang memberikan banyak widgets di panel-panel yang ada di home screen? Bila iya, baiknya Anda pikirkannya bebrapa masak. Memanglah, bila jumlah widgets di home screen cuma sebagian, tidaklah satu permasalahan. Walau demikian, bila widgets di home screen meraih beberapa puluh, yang beberapa besar salah satunya dengan cara automatis senantiasa mengecheck pembaruan paling baru atau menghadirkan animasi, jadi sumber daya processor yang bekerja juga jadi semakin banyak.

Karenanya, bersihkan home screen dari widgets itu, dalam banyak masalah, bakal berikan hasil yang riil pada performa smartphone Anda. Tetapi, Anda tak perlu meniadakan semuanya widgets hingga home screen Anda betul-betul kosong. Cukup hapus widgets yang tidak sering Anda pakai atau tak memberi manfaat yang banyak. Umpamanya, aktifkan Live Wallpaper sesungguhnya tidaklah terlalu utama, hingga tambah baik Anda mematikannya.

2. Menonaktifkan Bloatware

Bila Anda mempunyai smartphone Android modern, Anda bakal nyaris tentu mengorbankan ruangan dan pengolah daya untuk aplikasi bloatware. Bloatware adalah nama yang didapatkan pada aplikasi atau service yang dengan cara default terpasang di smartphone, baik oleh produsen atau operator, yang mungkin saja tak Anda perlukan, namun Anda tidak bisa menghapusnya. Untungnya, mulai sejak Android 4. 0 (Ice Krim Sandwich) launching, pemakai Android bisa menonaktifkan banyak bloatware pada hp mereka.

3. Mematikan GPS

Umumnya orang sudah mengerti kalau membiarkan GPS aktif bakal kuras baterai. GPS di ketahui mengonsumsi sumber daya pemrosesan nyaris dengan cara terus-menerus dan ini sebenarnya merubah beberapa hal lain yang menginginkan Anda kerjakan.

Bila Anda memakai aplikasi berbasiskan tempat, jadi sudah pasti Anda mesti aktifkan GPS. Tetapi, pantas diingat kalau Anda mesti selekasnya mematikannya, saat Anda tak memakainya. Mematikan GPS bisa dikerjakan segera dari widget kendali daya (power control widget) atau dari Settings Location Use GPS Satellites.

4. Menempatkan Aplikasi Pembersih

Terdapat banyak aplikasi gratis dengan reputasi baik, yang bakal memindai piranti Anda dan tunjukkan aplikasi mana yang jalan di latar belakang, yang mengonsumsi beberapa sumber daya system, dan yang punya potensi memperlambat smartphone Anda. Salah nya ialah Clean Master.

Aplikasi ini meliputi sebagian feature, termasuk juga kekuatan untuk bersihkan file sampah dan memaksa aplikasi yang jalan untuk berhenti. Pemindaian umumnya tak mengonsumsi saat kurang dari satu menit, dan bisa begitu efisien bikin hp Anda ‘berlari’ lebih cepat.

Tetapi, bila Anda tidak mau menempatkan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa memakai feature bawaan untuk tutup aplikasi yang jalan di latar belakang. Pada umumnya hp Android, feature ini diaktifkan dengan menghimpit dan menahan tombol Home. Jadi, satu daftar aplikasi yang barusan dipakai bakal nampak, yang sangat mungkin Anda untuk tutup mereka seutuhnya dengan menggesek mereka dari monitor.

5. Factory Reset

Bila ke empat cara diatas sudah Anda kerjakan, namun smartphone Android Anda masihlah lelet, mungkin saja waktunya untuk Anda untuk lakukan factory reset –ada juga yang menyebutkan hard reset. Spesial di smartphone yang lebih tua, factory reset adalah cara paling baik untuk memperoleh penambahan performa.

Factory reset bukanlah langkah yang dapat dikira mudah lantaran bakal meniadakan semuanya data dan penyusunan yang sudah disetel terlebih dulu dengan cara permanen. Tidak cuma itu, factory reset akan meniadakan aplikasi yang sudah didownload dan dipasang. Karena itu, yakinkan Anda sudah bikin cadangan data dan file yang menginginkan Anda taruh. Untungnya, factory reset akan tidak meniadakan data dan file yang tersimpan di kartu microSD.

Untuk meniti langkah ini, Anda bisa mencarinya menu Settings, di Android Lollipop umpamanya, mencari Settings Backup & Reset Factory data reset Reset phone. Sebelumnya langkah ini diawali, bakal nampak peringatan yang menyampaikan kalau langkah ini bakal meniadakan semuanya data di ruangan taruh internal.

Sesudah factory reset usai, smartphone Anda bakal lakukan restart, dan Anda mesti memasukkan kembali perincian account Google, dan sebaginya, hingga yakinkan Anda tahu perincian itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *